Jumat, 25 September 2009

2 Juta TKI Penyebab Malaysia Hina RI

Brisbane, (tvOne)

Penghinaan sebagian warga Malaysia terhadap Indonesia tidak dapat dilepaskan dari kehadiran sekitar dua juta pekerja Indonesia di negara tetangga itu.

Untuk memperbaiki citra bangsa, Indonesia mutlak perlu memiliki pertumbuhan ekonomi yang tinggi, kata Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil, pada acara ramah tamah dan dialog dengan puluhan mahasiswa dan warga Indonesia di kampus Universitas Queensland (UQ), St Lucia, Selasa malam (22/9). "Mengapa Malaysia menghina kita ?. Itu karena ada dua juta orang Indonesia (bekerja-red.) di sana," katanya, menandaskan.

Selama Indonesia belum mampu melipatgandakan pertumbuhan ekonomi nasionalnya agar mampu menyerap jutaan orang pencari kerja di Tanah Air, penghinaan bangsa lain terhadap Indonesia sulit dibendung, katanya.

Banyaknya warga Indonesia yang bekerja di berbagai sektor informal di Malaysia dan beberapa negara lain, tidak dapat dilepaskan dari keterbatasan daya serap lapangan kerja di Tanah Air akibat pertumbuhan ekonomi nasional yang belum mampu menyerap lebih banyak pencari kerja, kata Sofyan Djalil.

Menurut anggota Kabinet Indonesia Bersatu kelahiran Aceh 23 September 1953 ini, dengan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar tujuh persen, misalnya, jumlah tenaga kerja yang dapat diserap hanya sekitar 2,2 juta orang, sedangkan angka pencari kerja jauh di atas daya serap lapangan kerja yang ada.

Fenomena tenaga kerja Indonesia di sektor informal di luar negeri, seperti pembantu rumah tangga, juga sudah memengaruhi citra RI di kawasan Timur Tengah, katanya.

Hanya saja, pengalaman Indonesia mengirim jutaan orang pekerjanya ke luar negeri ini bukanlah hal unik dalam sejarah perkembangan bangsa-bangsa besar di dunia. Jepang pun pernah mengirim para pelacur ke luar negeri dahulu, katanya. Namun dalam tempo 40 tahun, Jepang mampu memajukan dirinya yang antara lain merupakan hasil dari pengiriman besar-besaran warganya untuk belajar di luar negeri, kata Sofyan Djalil.


Pengalaman Malaysia

Kemajuan Malaysia saat ini pun tidak terlepas dari strategi pemerintah negeri jiran itu mengirim sebanyak mungkin warganya belajar ke negara-negara industri maju, sehingga sumber daya manusianya kini umumnya "lebih baik" dari Indonesia. "Bahasa Inggris pun tidak masalah bagi mereka," katanya.

Sebaliknya Indonesia menghadapi "bottle neck" (masalah pelik-red.) pada kualitas sumberdaya manusia. "Kualitas sumberdaya manusia adalah masalah besar di Indonesia. Di Indonesia, orang-orang `qualified` (ahli) sangat terbatas," kata suami akademisi perempuan kenamaan, Dr Ir Ratna Megawangi MSc itu.

Sofyan Djalil mengatakan, sejak tumbangnya rezim Orde Baru tahun 1998 yang mengawali era reformasi, Indonesia mengalami banyak kemajuan dengan reputasi internasional yang menguat, namun bangsa ini masih dihadapkan pada sejumlah "bottle neck" akibat relatif rendahnya mutu sumberdaya manusia dan kelembagaan.

Karena itu, keunggulan sumberdaya manusia lewat pendidikan yang membangun kreativitas anak didik serta pengiriman para pelajar untuk melanjutkan studi mereka hingga ke jenjang doktor di luar negeri, sangat penting bagi pembangunan masa depan bangsa, katanya.

Bagi para mahasiswa Indonesia yang kini melanjutkan studinya di luar negeri, termasuk Australia, ia meminta mereka belajar secara sungguh-sungguh dan semaksimal mungkin memanfaatkan peluang studi yang ada dengan mengambil mata kuliah-mata kuliah di luar mata kuliah wajib dan elektif studi mereka.

"Anda (mahasiswa Indonesia di luar negeri-red.) adalah orang-orang terpilih karena tidak banyak warga Indonesia yang mendapat peluang ini," katanya.

Sofyan Djalil dan istri, Dr Ir Ratna Megawangi MSc, berada di Brisbane untuk mengunjungi anak mereka yang kuliah di UQ. Di sela kunjungan pribadinya itu, Sofyan Djalil memenuhi undangan Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di UQ (UQISA), Perhimpunan Masyarakat Muslim Indonesia di Brisbane (IISB) dan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia (PPIA) Queensland untuk bertatap muka dan berdialog dengan kalangan mahasiswa dan warga. (Ant)
READ MORE - 2 Juta TKI Penyebab Malaysia Hina RI

7 Kunci Rahasia Memenangkan Hati Pria

Beranda - Memenangkan hati kaum adam bukanlah perkara yang rumit. Sikap lembut para wanita disinyalir menjadi salah satu senjata yang mampu menaklukkan hatinya. Namun selain itu, ada berbagai kunci rahasia yang bisa membuat hati pria tak bisa berpaling dari Anda. Berikut 7 kunci rahasia memenangkan hati pria, diantaranya :

Mandiri

Dalam batas-batas tertentu sikap manja memang bisa menjadi bumbu penyedap dalam hubungan asmara . Namun, pria juga kerap merasa terganggu bila Anda kerap menerornya setiap kali tertimpa masalah. Justru dengan Anda bersikap mandiri akan menunjukkan kepadanya bahwa Anda adalah seorang partner hidup yang berharga dan bisa diandalkan.

Feminin

Dalam buku ?The Male Brain' yang ditulis oleh Michael Gurian menulis bahwa pria tergila-gila pada sisi feminin seorang perempuan. Feminin yang dimaksud Gurian bukannya Anda mesti berlagak kemayu dan memakai rok setiap hari, melainkan mengurangi sikap agresif dan dominan yang diartikan sebagai karakter maskulin. Menurut Gurian, kain agresif dan dominan seorang perempuan, maka kian besar pula peluangnya untuk ?menenggelamkan' minat pria.

Cinta anak-anak

Tak mudah memenangkan hati anak-anak, kecuali jika Anda memiliki jiwa tulus dan pembawaan ceria. Jangan curiga terlebih dahulu, bahwa pria yang senang melihat perempuan bersama anak-anak akan segera menyeret Anda ke perkawinan. Melainkan mereka sekedar memenuhi keinginannya untuk melihat sisi feminin seorang perempuan. Namun jika anda termasuk kategori wanita penyuka anak-anak, ada poin plus yang dia simpan untuk anda..

Setia

Di zaman modern seperti ini, kesetian sudah bisa dikategorikan sebagai salah satu barang langka dan sangat tinggi nilainya. Bukan hanya mereka yang sudah menikah, di saat berstatus pacaran pun pria mengharapkan seorang pasangan hanya membuka hati untuk dirinya saja dan salah satu alasan pria enggan meninggalkan pasangannya adalah karena kesetiaannya.

Easy going

Wanita dengan karakter easy going selalu mampu memandang dunia sebagai salah satu tempat yang indah. Dia tak suka membesar-besarkan masalah dan bahkan berusaha menyederhanakan masalah besar yang sedang dihadapi. Jika semua wanita memiliki karakter easy going, tentunya tak ada lagi pria yang mengeluh telinganya gatal mendengar omelan pasangannya.

Sense of humor

Berdasarkan survey yang dilakukan Prof. John Czepiel dari New York University Stern School of Business menyatakan bahwa sense of humor adalah salah satu faktor terpenting yang menentukan keberhasilan suatu hubungan. Jangan heran bila pria merasa begitu nyaman berada di samping wanita yang memiliki selera sense of humor tinggi..

Perhatian

Mungkin terkadang Anda bingung mengapa pria pelit mengumbar kata-kata mesra? Itu dikarenaka dia lebih menghargai ungkapan cinta dalam bentuk perhatian dari pada kalimat sakti seperti "I Love You". Tentunya si dia juga berharap Anda dapat melakukan hal serupa. Bukan berarti Anda menghujani si dia dengan telepon dan pesan pendek untuk bertanya apa sudah makan atau belum, namun perhatian bisa diungkapkan dengan cara membelikannya sebuah dompet baru ketika dompet lamanya telah sobek dan tak lagi bisa digunakan (berbagai sumber).

(ahm)/okezone.com
READ MORE - 7 Kunci Rahasia Memenangkan Hati Pria

Kendalikan Hipertensi Tanpa Obat

Beranda - Bila dibiarkan tak terkendali, dalam jangka panjang hipertensi dapat merusak otak, jantung, pembuluh darah, dan ginjal. Untunglah hipertensi termasuk penyakit yang bisa dikontrol dan dihindari, meski tanpa obat.

Salah satu cara untuk menghindari darah tinggi adalah menjaga berat tubuh ideal, kemudian melakukan hal-hal berikut ini:

1. Jalan kaki
Rutin melakukan jalan cepat ternyata efektif untuk menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi hingga 8 mmhg. Olahraga juga membantu jantung lebih efisien menggunakan oksigen sehingga tidak akan bekerja terlalu keras memompa darah. Lakukan berbagai jenis latihan kardio minimal 30 menit setiap hari.

2. Tarik napas
Latihan olah napas dan bermeditasi, seperti yoga atau taichi efektif untuk menurunkan hormon stres. Tingginya hormon stres akan meningkatkan renin, enzim ginjal yang bisa menaikkan tekanan darah. Lakukan latihan napas minimal 5 menit pada pagi dan malam hari. Menarik napas dalam juga akan mengendurkan semua tensi.

3. Konsumsi makanan berpotasium
Menurut Linda Van Horn, PhD, profesor pencegahan penyakit dari Northwest Universitity Feinberg School of Medical, banyak mengonsumsi makanan yang kaya potasium, seperti buah dan sayur, sangat baik untuk menurunkan tekanan darah.

Sumber potasium terbaik antara lain kentang, tomat, orange juice, pisang, kacang-kacangan, belewah, melon, serta buah yang dikeringkan, seperti kismis. Konsumsi potasium minimal 2000 - 4000 mg per hari, saran Linda.

4. Batasi sodium
Konsumsi garam sebaiknya tak lebih dari 2,4 gr per hari (sodium) atau 6 gr per hari (NaCl). Agar konsumsi garam tetap terkendali, perhatikan label makanan untuk mengetahui kadar sodiumnya serta kurangi fastfood karena biasanya tinggi kandungan garamnya.

5. Konsumsi dark chocolate
Berbagai jenis dark chocolate mengandung flavanols yang bisa membuat pembuluh darah lebih luwes. Sebuah studi menunjukkan, 18 persen pasien yang mengonsumsi dark chocolate menunjukkan turunnya tekanan darah.

6. Relaksasi
Penelitian yang dilakukan para peneliti dari Universitas Florence, Italia, mengungkapkan pasien hipertensi yang melakukan relaksasi dengan cara mendengarkan musik selama 30 menit sambil menarik napas dalam-dalam menunjukkan penurunan angka sistolik hingga 3,2 poin.

prevention


AN
Sumber : Prevention
READ MORE - Kendalikan Hipertensi Tanpa Obat

Bayi Raksasa Lahir di Sumut

JAKARTA, Beranda - Seorang ibu melahirkan bayi laki-laki seberat 8,7 kg, Rabu (23/9). Bayi yang masih belum bernama ini memiliki panjang 62 cm dan lahir dengan cara cesar Rumah Sakit umum di Sumatera Utara.

“Bayi yang berat ini membuat operasi berlangsung agak berat, terutama saat proses mengambilnya keluar dari rahim sang ibu. Kakinya besar sekali,” ujar Dr. Binsar Sitanggang Sp.OG

Bayi lelaki ini dalam keadaan sehat meski harus diberi selang oksigen karena mengalami gangguan pernapasan. “Makannya cukup banyak, hampir tidak pernah berhenti minum ASI setiap menit,” ujar Binsar.

“Bayi ini sungguh luar biasa, caranya dia menangis tidak seperti bayi pada umumnya. Sangat keras.”

Menurut Binsar, berat badan yang luar biasa besarnya (giant baby) ini merupakan akibat penyakit diabetes yang diderita ibunya Ani (41). Ani sebelumnya sempat dibawa ke bidan saat hendak melahirkan. Namun karena ada komplikasi, anak keempat Ani ini akhirnya harus lahir di rumah sakit dengan bantuan dokter.

Menurut American College of Obstetricians and Gynaecologists, saat seorang ibu hamil mengalami kenaikan kadar gula secara tidak normal, bayi yang lahir pun akan menerima terlalu banyak glukosa dan tumbuh menjadi besar (raksasa).

Sebelumnya pernah ada bayi dengan berat 6,9 kg yang lahir di tahun 2007 di Indonesia, tepatnya di Jakarta dan sempat masuk museum rekor Indonesia.


ABD
Sumber : AFP
READ MORE - Bayi Raksasa Lahir di Sumut

Munawaroh Resmi Tersangka

JAKARTA, Beranda - Ibu hamil yang turut tertembak dalam penggerebekan teroris di Solo, Kamis (19/9) silam, Putri Munawaroh, akhirnya resmi ditetapkan sebagai tersangka. Janda Hadi Susilo (24), teroris yang tewas dalam penggerebekan kelompok teroris di Desa Kepuhsari, Mojosongo, Solo, itu diduga kuat berperan dalam aktivitas menyembunyikan kegiatan kelompok teroris.

"Dia sudah resmi ditetapkan sebagai tersangka," kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Nanan Sukarna, Kamis (24/9). Selain Munawaroh, dua orang lainnya, yaitu Bejo dan Kedu juga resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dan peranan yang sama.

Menyusul penetapan tersangka terhadap ketiganya, tim Detasemen Khusus 88 Anti teror Polri telah menahan Bejo dan Kedu. "Mereka sudah ditahan. Kecuali Putri Munawaroh yang dibantarkan penahanannya karena sedang sakit," kata Nanan.

Ketiganya sudah menjalani rangkaian pemeriksaan oleh Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri semenjak tujuh hari lalu. Sesuai aturan, dalam 7x24 jam kepolisian wajib menjelaskan status mereka yang ditangkap karena diduga terkait dalam kegiatan teroris.

Bejo dan Kedu ditangkap sehari menjelang penggerebekan kelompok teroris di Desa Kepohsari, Mojosongo, Solo, 17 September 2009. Keduanya ditangkap di Pasar Gading Solo.

Dari keduanyalah tim Detasemen Khusus 88 Antiteror mendapatkan informasi perihal keberadaan Bagus Budi Pranoto, teroris lainnya yang diburu Detasemen Khusus 88 Anti Teror Polri dan akhirnya tewas dalam penggerebekan itu.

Sedangkan Putri Munawaroh, yang juga menjadi korban luka tembak di paha kiri saat penggerebekan itu hingga kini masih dalam perawatan intensif kepolisian di RS. Polri Sukanto, Jakarta.

Putri Munawaroh dirawat di ruang Cenderawasih lantai III rumah sakit dengan pengawalan khusus petugas kepolisian. "Dia sudah membaik," ujar Wakil Kepala Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Sulistyo Ishak saat ditanyai perkembangan kondisi Putri Munawaroh. (persda network/Andy Panroy Pakpahan)kompas.com

READ MORE - Munawaroh Resmi Tersangka

Ada 325 Ribu Lowongan CPNS 2010, Mau?

JAKARTA, Beranda - Berbahagialah bagi anda yang sangat menanti lowongan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Untuk formasi Tahun 2010, instansi pemerintah membutuhkan 325 ribu PNS yang akan ditempatkan di pusat dan daerah.

"Bulan Oktober 2009, baik pusat maupun daerah nanti formasi calon pegawai negri sipil (PNS) Tahun anggaran 2010 secara nasional terbuka untuk 325 ribu calon pegawai sesuai dengan kualifikasi dan jabatan profesi," ujar Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Tasdik Kinato, di Gedung Kementerian Negara, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (24/9/2009).

Tasdik menambahkan tenaga yang dibutuhkan diantaranya tenaga teknis seperti guru dan dosen. "Kita juga butuh tenaga teknis di bidang tertentu untuk Departemen Perhubungan dan Departemen Pekerjaan Umum," tambahnya.

Penambahan tersebut diakibatkan karena sebanyak 125 ribu PNS akan memasuki masa pensiun di Tahun 2009.

"Yang akan pensiun 125 ribu, untuk pusat hanya 50 ribu sisanya untuk daerah," tandasnya.(bul)(hri)


okezone.com

READ MORE - Ada 325 Ribu Lowongan CPNS 2010, Mau?

Sabtu, 19 September 2009

AS Puji Keberhasilan RI Lumpuhkan Noordin

WASHINGTON, Beranda — Keberhasilan Polri yang akhirnya melalui penggerebekan dapat melumpuhkan tersangka teroris warga Malaysia paling dicari, Noordin M Top, mendapat pujian dari Pemerintah Amerika Serikat.

Menurut keterangan Deplu AS, Kamis, dalam jumpa pers yang berlangsung di Washington, DC, Juru Bicara Deplu AS Philip J Crowley mengatakan, penggerebekan yang dilakukan kepolisian Indonesia itu merupakan kemajuan penting. "Tentu saja, ini menunjukkan kemajuan penting yang dicapai Indonesia dalam memerangi kalangan politik garis keras," kata Crowley ketika menjawab pertanyaan.

Sebelumnya wartawan meminta komentar Crowley atas tewasnya "tersangka teroris paling dicari oleh kepolisian Indonesia"; apakah AS terlibat dalam pencarian tersangka serta apakah AS akan terlibat jika ada tindak lanjut dari hasil penggerebekan tersebut.

Baik wartawan yang bersangkutan maupun Crowley tidak menyebut-nyebut nama tersangka teroris yang dimaksud sebagai Noordin M Top, yang oleh Polri telah dinyatakan tewas dalam penggerebekan di Solo, Jawa Tengah, pada Kamis waktu setempat.

Namun, sejak Kamis dini hari, nama Noordin M Top telah kerap disebut dan diberitakan oleh banyak media AS sebagai tersangka teroris paling dicari oleh Indonesia yang pada Kamis tewas di tangan Polri dalam penggerebekan di Solo.

Saat menjawab pertanyaan, Crowley hanya menyebutkan bahwa Polri telah melakukan penggerebekan pada hari Kamis terhadap sebuah rumah di Solo, Jawa Tengah, yang ditinggali seorang tersangka teroris. "Mengenai keterangan rincinya, kami akan mengacu kepada Pemerintah Indonesia," kata Crowley.

"Kami tidak ambil bagian dalam operasi-operasi tersebut (penggerebekan), juga tidak memberikan informasi yang mengarah terhadap dilakukannya penggerebekan," tambahnya.


kompas.com

READ MORE - AS Puji Keberhasilan RI Lumpuhkan Noordin

Uji DNA Noordin Sudah Terbukti

JAKARTA, Beranda - Kepala Kepolisian Negara RI Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri mengungkapkan, hasil uji DNA kembali mengonfirmasi identifikasi Noordin M Top yang sebelumnya berdasar pada kesamaan sidik jari.

Hasil pengujian DNA itu disampaikan Kepala Polri seusai bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/9).

Berdasarkan hasil pengujian DNA dan identifikasi sidik jari tersebut, Kepala Polri menegaskan tak ada lagi keraguan bahwa pelaku teror yang terbunuh di Solo, Jawa Tengah, Kamis lalu, adalah Noordin.

Meskipun pengujian DNA sudah selesai, Kepala Polri mengatakan, jenazah Noordin tak akan segera diberikan kepada keluarganya untuk dipulangkan ke Malaysia. Hal itu karena masih ada pengembangan yang perlu dilakukan Polri.

”Tidak bisa keluarga mengambil sekarang. Kami sudah berkoordinasi dengan duta besar dan Departemen Luar Negeri. Masih ada beberapa hal yang akan kami dalami dari dokumen dan lain-lain,” ujarnya.

Menurut Kepala Polri, terdapat informasi penting dalam dokumen-dokumen yang ditemukan bersama dilumpuhkannya Noordin. ”Ada sesuatu yang prinsipiil, saya tidak akan berikan dulu. Ada dokumen-dokumen yang saya dapat yang tentu akan kami lihat mengenai pengembangan ada link-link lain, di wilayah lain. Itu yang penting,” katanya.

Surat wasiat

Sementara itu, tim satuan tugas antiteror Polri menemukan tiga surat wasiat asli dari tiga terpidana mati bom Bali 2002 di dalam tas ransel laptop milik Noordin. Meskipun buronan itu telah tewas, polisi tetap melanjutkan operasi perburuan anggota jaringan Noordin pascapenyergapan di Solo. Polisi meyakini masih banyak anggota jaringannya yang akan melanjutkan agenda Noordin di Indonesia.

Indikasi bahwa ancaman teror belum akan berhenti sekalipun Noordin mati adalah ditemukannya surat wasiat di dalam tas ransel laptop berwarna hitam milik Noordin. Ransel itu tergantung di punggung Noordin saat ia ditemukan tewas di kamar mandi di rumah kontrakan Susilo di Kampung Kepuhsari, Kelurahan Mojosongo, Solo. Ketiga surat wasiat itu ditulis Muklas, Imam Samudra, dan Amrozi sebelum dieksekusi mati pada 2008.

Isi surat wasiat secara garis besar berisi pesan kepada pengikutnya untuk melanjutkan agenda teror yang menurut mereka merupakan bentuk perjuangan. Polisi sejauh ini tengah menyelidiki bagaimana ketiga surat tersebut bisa sampai di tangan Noordin. Noordin sendiri diperkirakan telah berada di Solo sekitar satu bulan. Dalam penyergapan di rumah itu, Noordin merupakan sasaran yang tewas pertama kali, yaitu Kamis sekitar pukul 02.30. Sasaran lain yang tewas adalah Susilo, Bagus Budi Pranoto alias Urwah, dan Ario Sudarso (perakit bom).

Dari sejumlah tempat pelarian Noordin selama ini (sejak 2002), Solo ternyata merupakan lokasi persembunyian yang paling sering disinggahi Noordin. Hal itu berdasarkan pengakuan para pengikut Noordin yang diperiksa polisi. Tim satuan tugas antiteror Polri juga setidaknya sudah tiga kali mencium jejak Noordin di Solo, yakni tahun 2004, 2005, dan 2009. Namun, selama ini Noordin selalu berhasil lolos.

Sementara itu, penyergapan oleh polisi di rumah Susilo mengundang tanggapan dari Pondok Pesantren Al-Kahfi, Surakarta, tempat dia bekerja. Kepada pers, Kamis petang, Ketua Yayasan Al-Kahfi Surakarta yang membawahi Pondok Pesantren Al-Kahfi, Sunoto Akhmad, mengakui Susilo adalah salah satu pengasuh ponpes.

”Saya benar-benar kaget ketika dikabari ada tembak-menembak di rumah Susilo. Kami tidak mengerti apa yang terjadi di sana,” ujar Sunoto yang didampingi Bhudi Kuswanto dari Tim Pengacara Muslim.

Dalam keterangan pers yang dibagikan kepada wartawan disebutkan, Susilo masuk ponpes tersebut tahun 2002 dan diterima di madrasah aliyah ponpes itu. Ia lulus tahun 2005. Setelah itu, Susilo mengabdi di ponpes dengan menjadi pengasuh anak- anak dan juga ustaz. Sejak tahun 2008 hingga kini ia ditugaskan mengelola ternak sapi milik ponpes tersebut.

Bhudi Kuswanto juga menyatakan, penjelasan ponpes itu untuk meluruskan pemberitaan beberapa media, yang dinilai merugikan ponpes karena mengaitkan ponpes tersebut dengan teroris. (day/sf/son-kompas.com)

READ MORE - Uji DNA Noordin Sudah Terbukti

Inilah 10 Fakta Tentang Noordin M Top!

JAKARTA, Beranda - Sepandai-pandainya tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Pepatah ini mungkin tepat menggambarkan sepak terjang gembong teroris Noordin M Top (41).

Setelah sembilan tahun diburu, akhirnya Noordin berhasil ditumpas oleh Detasemen Khusus 88 Mabes Polri dalam sebuah penyergapan selama sembilan jam di Kampung Kepuh Sari RT 3 RW 11, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo, Jawa Tengah.

Penyergapan berlangsung berlangsung sejak Rabu (16/9) tengah malam. Berikut ini adalah sepuluh fakta tentang gembong teroris paling dicari di Asia Tenggara ini:

1. Noordin, lahir 11 Agustus 1968, merupakan warga negara Malaysia yang menyelundup masuk ke Indonesia melalui Riau pada awal tahun 2002. Sebelum ke Indonesia, sejak tahun 1995 Noordin terlebih dahulu aktif di Pondok Pesantren Luqmanul Hakiem yang berafiliasi pada jaringan Jemaah Islamiyah. Di ponpes yang pada puncaknya pernah memiliki 350 santri tersebut, Noordin sempat dipercaya menjabat sebagai kepala sekolah.

2. Tidak saja dikenal sebagai ahli perakit bom, jebolan Universiti Teknologi Malaysia ini juga memiliki reputasi dalam merekrut "calon pengantin" atau pelaku bom bunuh diri.

3. Noordin dipercaya bertanggung jawab atas empat bom bunuh diri yang terjadi di Indonesia, seperti Bom JW Marriott pada tahun 2003, Bom Kedutaan Besar Australia pada tahun 2004, tiga restoran padat warga asing di Denpasar, Bali, pada tahun 2005, serta Bom Mega Kuningan pada tahun 2009. Atas tindakan tersebut, lebih 200 orang tewas. Angka ini terdiri dari korban lokal maupun warga asing.

4. Ketika hengkang dari Malaysia, Noordin meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak. Selama buron di Indonesia, Noordin setidaknya telah menikahi dua warga Indonesia. Kedua orang tersebut adalah Munfiatun, dinikahinya pada bulan Mei 2004, dan Arina Rahmah, pada bulan September 2005.

5. Noordin dikenal sebagai gembong teroris yang licin bak belut. Pria kelahiran Johor ini setidaknya telah empat kali lolos dalam penyergapan oleh Densus 88. Pertama pada bulan November 2005 di Kota Batu, Jawa Timur. Pada penyergapan ini, Dr Azahari tewas tertembak. Kedua pada penyergapan di Wonosobo bulan April 2006. Ketiga pada penyergapan di Palembang bulan Juli 2008. Terakhir di Bekasi pada bulan Agustus 2009.

6. Noordin bersama kelompoknya diyakini pernah merencanakan penyerangan terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada pertengahan bulan Agustus 2009. Hal ini terungkap seiring ditemukannya sekitar setengah ton bahan peledak di Perumahan Puri Nusa Phala, Bekasi.

7. Kemampuan Noordin dalam merekrut dan merencanakan pengeboman diyakini telah terwariskan ke pengikutnya. Hal ini terbukti dengan keberadaan Ustadz Saifudin Zuhri bin Jaelani Irsyad. Saifudin Zuhri berhasil merekrut Ibrohim, penata bunga di Ritz-Carlton, dalam perencanaan peledakan bom Mega Kuningan. Mabes Polri sendiri mengungkapkan, Ibrohim memegang peranan dominan dalam perencanaan bom Mega Kuningan, di antaranya melakukan survei dan menyelundupkan bom ke dalam hotel melalui akses masuk karyawan.

8. Selama buron, Noordin lebih banyak menghabiskan waktunya di berbagai pelosok kota di Pulau Jawa, mulai dari Bandung, Cilacap, Solo, Surabaya, hingga Blitar. Pulau Jawa yang padat dan masyarakatnya yang cenderung permisif turut mendukung persembunyiannya. Noordin juga diyakini tidak pernah singgah di tempat yang pernah ditinggalinya.

9. Mabes Polri pernah "menghargai kepala" Noordin Rp 1 miliar.

10. Noordin tewas dalam penyergapan di Jebres, Solo, pada tanggal 16 September. Noordin tewas bersama dengan Susilo alias Adib, Bagus Budi Pranoto alias Urwah, dan Ario Sudarso alias Aji. Dua orang terakhir ini merupakan orang yang masuk ke dalam daftar pencarian orang Mabes Polri.

READ MORE - Inilah 10 Fakta Tentang Noordin M Top!

Bali Terguncang Gempa, Warga Panik

BADUNG, Beranda - Sekitar pukul 07.05 Wita, warga Bali berhamburan keluar rumah karena adanya gempa. Mereka merasakan gempa dua kali dengan skala keras dibandingkan pada 2 September lalu.

Sejumlah warga memukul kentongan sebagai tanda waspada adanya gempa. Berdasarkan keterangan dari BMKG Denpasar, gempa berkekuatan 6,4 SR di 101 km tenggara Nusa Dua dengan kedalaman 34 km.

Namun, belum ada laporan adanya kerusakan materi. Hanya saja beberapa barang ringan di almari misalnya sempat jatuh. Anak sekolah berhamburan dan beberapa di antaranya diinfokan diliburkan.


sumber:kompas.com

READ MORE - Bali Terguncang Gempa, Warga Panik

Rabu, 16 September 2009

Presiden SBY Tak Bisa Campuri Persoalan KPK dan Polri

JAKARTA, Beranda — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan, dirinya tidak bisa mencampuri persoalan antara KPK dan Polri karena sudah masuk dalam proses hukum.

"Kalau saya campuri berarti saya tebang pilih atau pandang bulu," kata Presiden Yudhoyono dalam keterangan pers seusai rapat terbatas bersama sejumlah menteri di Kantor Presiden Jakarta, Rabu (16/9).

Namun, Presiden menambahkan, tidak mencampuri masalah itu bukan berarti lepas tangan dalam persoalan antara kedua lembaga penegak hukum tersebut karena dirinya sejak awal telah meminta agar kedua lembaga itu, termasuk kejaksaan agung, untuk tidak berbenturan dalam hal menjalankan tugas pemberantasan korupsi.

"Saya hanya berpesan kepada kepolisian, harus ada bukti permulaan yang cukup untuk menyatakan sangkaan terhadap anggota KPK yang diduga melanggar hukum, yakinkan bahwa bukti permulaan kuat," katanya.

Presiden mengatakan, hal ini juga berlaku bagi KPK yang sedang menelaah seorang pimpinan kepolisian atas dugaan keterlibatannya dalam masalah hukum, yang harus dilakukan dengan bukti yang kuat dan proses yang transparan, akuntabel, dan profesional.

Selanjutnya, proses hukum terhadap anggota KPK harus betul-betul transparan dan bisa diikuti oleh publik, dilakukan secara profesional dan akuntabel, terlebih anggota KPK yang ditetapkan sebagai tersangka harus diberhentikan sementara.

Presiden menjelaskan pada 13 Juli 2009 lalu, ia telah menyelenggarakan rapat koordinasi antara KPK, Polri dan Jaksa Agung untuk memastikan mereka tidak saling berbenturan dalam menjalankan tugas.

"Gesekan hanya akan mengganggu keberhasilan pemberantasan korupsi dan bisa diadu domba oleh pihak yang tidak bertanggung jawab," kata Kepala Negara.

Segera diputuskan

Mengenai status dua pimpinan KPK yang telah menjadi tersangka, Presiden mengatakan akan segera mengambil keputusan untuk memberhentikan sementara sesuai aturan yang berlaku setelah ada surat resmi dari pihak kepolisian.

"Saya belum terima surat dari Kapolri, tapi hari ini akan dilayangkan pada saya, setelah surat saya terima maka akan merujuk pada ketentuan undang-undang," jelasnya.

Presiden juga menyatakan akan mencari solusi untuk mengisi kursi pimpinan KPK yang kosong karena pemberhentian sementara tiga pimpinan KPK.

"Saya sedang mencari konstruksi hukum yang tepat agar tidak terjadi kekosongan dalam kepemimpinan KPK sehingga bisa tetap menjalankan tugasnya," kata Presiden.

Sementara jika ketiga pimpinan yang menjadi tersangka itu harus diganti karena diberhentikan setelah menjadi terdakwa, Presiden mengatakan, hal itu perlu dibicarakan dengan pimpinan DPR, Mahkamah Agung, dan Mahkamah Konstitusi.


sumber:kompas.com

READ MORE - Presiden SBY Tak Bisa Campuri Persoalan KPK dan Polri

Jumat, 04 September 2009

Korupsi Alkes 2006 Usulan Pengadaan Barang Datang dari Depkes

Jakarta, Beranda - Usulan pengadaan alat-alat kesehatan (alkes) tahun 2006 berasal dari Departemen Kesehatan (Depkes). Usulan itu pun dibahas dalam rapat koordinasi (rakor) yang dihadiri oleh beberapa menteri.

"Jadi kan ada usulan dari Depkes untuk pengadaan itu, lalu dibahas di rakor
tingkat menteri," ujar mantan Sekretaris Menko Kesra, Soetedjo Juwono saat
dihubungi, Jumat (4/9/2009).

Menurut Soetedjo, yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini, rakor itu dihadiri antara lain oleh menkes, menkeu, menko kesra serta beberapa menteri lainnya. Namun ia mengaku tak tahu menahu mengenai adanya penggelembungan dalam pembelian alkes tersebut.

Soetedjo mengatakan, dirinya tidak masuk ke dalam kepanitiaan pengadaan. "Ketua panitianya Ibu Henny dari Kesra. Kalau dari Depkes saya nggak ingat," jelasnya.

Menurut KPK, seharusnya dana dari pemerintah tersebut bukan untuk dibelikan
alkes melainkan pembelian Tamiflu Flu Burung.

Total proyek dalam kasus ini sebesar Rp 98 miliar. Kerugian negara sementara
yang ditimbulkan dalam kasus ini mencapai Rp 32 miliar.

Alat-alat kesehatan yang dibeli yakni Bronchoscopy buatan Olympus-Japan sebanyak 10 unit. Dalam kontrak harga tertulis Rp 538 juta, namun KPK menemukan harga Rp 168 juta.

Begitu juga dengan Automatic Film Processor buatan Jepang. Harga yang tertera dalam kontrak sebesar Rp 98,6 juta, ternyata harga aslinya hanya Rp 36,2 juta. Barang ini dibeli sebanyak 25 unit.

Ada juga Defibrilator buatan Amerika yang dibeli sebanyak 25 unit. Harga kontrak tertera Rp 103,12 juta, nilai di agen hanya Rp 30,6 juta.

Selanjutanya adalah Nebulizer buatan Shin Ei-Jepang sebanyak 25 unit. Di dalam harga kontrak harganya mencapai Rp 20,1 juta, di agen harganya Rp 8,03 juta.

sumber : detiknews.com
READ MORE - Korupsi Alkes 2006 Usulan Pengadaan Barang Datang dari Depkes

Surat Pemeriksaan KPK Terkait Penyalahgunaan Kekuasaan

Jakarta, Beranda - Mabes Polri melayangkan surat pemeriksaan terhadap 8 orang dari KPK. Pemeriksaan itu diduga terkait penyalahgunaan kekuasaan yang dilakukan lembaga antikorupsi itu.

Surat yang dikirimkan 3 September kemarin bernomor S.Pgl/321/IX/2009/Pidkor. Yang menandatanganinya adalah Direktur III/Pidana Korupsi & WWC Kombes Pol Drs Yovianes Mahar.

Surat tersebut ditujukan kepada 4 pimpinan, yakni Haryono Umar, Bibit Samad Riyanto, M Jasin dan Chandra M Hamzah. Tapi tidak hanya itu, Chaidir Ismail dari Kabiro Hukum KPK, Iswan Elmi yang menjabat sebagai Direktur Penyelidikan, Arry Widiatmoko dari penyelidik serta seorang penyidik bernama Rony Samtana juga ikut diperiksa.

Kedelapan orang tersebut akan dihadapkan pada Ka Unit V Dit III/Pidkor & WWC, Kombes Pol Drs A.J Benny Mokalu. Sedangkan pasal yang disangkakan adalah Pasal 23 UU No 31 tahun 1999 jo UU 20 tahun 2001.

Mereka disangkakan telah menyalahgunakan kekuasaan dan wewenang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 421 KUHP. Pasal itu sendiri berbunyi 'Seorang pejabat yang menyalahgunakan kekuasaan memaksa seseorang untuk melakukan, tidak melakukan atau membiarkan sesuatu, diancam dengan pidana penjara paling lama dua tahun delapan bulan'.

Dalam surat itu juga, dugaan pelanggaran wewenang dilakukan pada bulan Agustus 2008-2009 di kantor KPK atau di seluruh wilayah Jaksel.

Namun oleh KPK, surat tersebut dianggap tidak jelas. Untuk mengklarifikasi surat pemanggilan, KPK juga telah melayangkan surat kepada Mabes Polri dengan tembusan ke Presiden SBY.

(detiknews.com/mok/lrn)
READ MORE - Surat Pemeriksaan KPK Terkait Penyalahgunaan Kekuasaan

"Blogger" Terus Diburu di Vietnam

HANOI, Beranda — Polisi Vietnam menangkap lagi seorang blogger dalam upaya untuk terus menekan para penulis di media online yang mengecam kebijakan Partai Komunis negeri itu. Blogger yang ditangkap kali in adalah Nguyen Ngoc Nhu Quynh (30), yang menulis dengan nama samaran Me Nam.

Sejumlah diplomat asing yang tidak mau disebut namanya dan ibu dari Quynh, Nguyen Thi Lan, mengemukakan hal itu, Jumat (4/9). Polisi menangkap Quynh pada Rabu malam di rumahnya di Nha Trang. Lan mengatakan, polisi menangkap putrinya sekitar tengah malam. Polisi tiba di rumah saat putrinya itu sedang tidur dengan anaknya yang berusia hampir tiga tahun. Lan mengatakan, polisi menuduh Quynh, seorang tour guide, telah melanggar undang-undang keamanan negara.

Lebih dari dua lusin polisi, katanya, datang ke rumah Quynh. Sekitar separuhnya masuk ke dalam rumah untuk membacakan surat penangkapan, yang lain menunggu di jalan.

Diplomat asing juga memberikan konfirmasi tentang penangkapan itu dan mengatakan bahwa seorang blogger lain yang dikenal sebagai 'Sphinx' juga telah ditanyai terkait dengan penangkapan Quynh. Penangkapan Quynh merupakan yang terakhir dalam serial penangkapan terhadap para penulis yang mengecam kebijakan pemerintah atas China, tetangga adidaya Vietnam di utara.

Semua blogger yang ditangkap mengecam pemerintah karena mendukung pertambangan kontroversial bauksit di Pegunungan Tengah yang dibangun sebuah perusahaan China. Mereka juga menulis tentang penanganan Kepulauan Spratly dan Paracels di Laut China Selatan yang saat ini masih dalam sengketa dengan China.

Menurut Lan, polisi sebelumnya menanyakan kaus bikinan putrinya yang bertulis, “No Bauxite, No China; Spratlys and Paracels belong to Vietnam.”

Pada 25 Agustus lalu, seorang blogger populer Vietnam, Huy Duc, dipecat oleh surat kabar Saigon Tiep Thi setelah Partai Komunis komplain tentang blog-nya, "Osin". Dua hari kemudian, pemerintah menahan seorang blogger Hanoi, Bui Thanh Hieu, yang mencela cara Partai Komuis menjalin hubungan dengan China dan cara pemerintah menangani sengeketa tanah dengan Gereja Katolik Roma. Hari berikutnya, polisi menangkap Don Trang (31), seorang penulis populer di VietnamNet.

Pemerintah Vietnam awal tahun ini mengetatkan aturan bagi para blogger. Menurut pemerintah, blogger harus membatasi tulisannya pada hal-hal personal.

kompas.com
READ MORE - "Blogger" Terus Diburu di Vietnam

Jika Diungkap, Kasus Century Bisa Melebar ke Mana-mana


JAKARTA, Beranda - Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Agil Siradj menyatakan, pihaknya merasa terjejut dengan cerita Wakil Presiden Jusuf Kalla tentang Bank Century. "Kalau dari cerita Pak Wapres, jika kasus Bank Century diungkap lebih jauh maka ceritanya akan panjang dan melebar ke mana-mana," ujar Said Agil dalam keterangan pers seusai bertemu dengan Wapres di Istana Wapres, Jakarta, Jumat (4/9).

Ditanya apa maksudnya melebar ke mana-mana, seperti apakah ada implikasi politik dan lainnya menyangkut pihak-pihak penting yang terkait dalam kasus Bank Century, Said menjawab, "Tidak, tidak, saya tidak tahu melebarnya ke mana."

Menurut dia, pihaknya merasa heran setelah mendengar cerita Wapres yang dituturkan dengan gamblang terkait kasus bank yang dinilai gagal dan kemudian ditalangi atau bail out dengan uang rakyat sampai Rp 6,7 Triliun. "Hari gini masih ada yang berani-berani bermain-main dengan uang negara," tambahnya lagi.

Didesak pers apakah Wapres mengungkap ke mana saja aliran itu lari, Said menjawab, Wapres tidak mengungkap hal itu.

Sebelumya said mengungkapkan, dalam ceritanya Kalla menegaskan, sejak awal ia menolak jika pemerintah menalangi Bank Century. Sebabnya, menurut Kalla, apa yang terjadi pada Bank Century bukan krisis, tapi perampokan oleh pemilik banknya sendiri.

"Pak Wapres juga bercerita tentang penyebutan tanggal yang salah oleh Menteri Keuangan. Kata Wapres, kalaupun tanggalnya benar ia akan tetap menolak pemerintah menalangi Bank Century," tutur Said.

Lebih jauh, dia menjelaskan, jika dirasa perlu PBNU akan mengeluarkan sikap atas kasus ini. "Kalau soal politiknya biar saja itu urusan partai politik," tandas Said Agil.


KOMPAS Suhartono
READ MORE - Jika Diungkap, Kasus Century Bisa Melebar ke Mana-mana

DPR: Century Tragedi Nasional


JAKARTA, Beranda - Sebanyak 29 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari berbagai fraksi (kecuali Fraksi Partai Demokrat), menyatakan keprihatinan atas pengucuran dana talangan Rp 6,7 triliun untuk penyelamatan Bank Century. Salah satu anggota Fraksi Kebangkitan Bangsa, Effendi Choirie, mengatakan, persoalan Bank Century ini dapat disebut sebagai tragedi nasional.

"Kasus Century ini tragedi nasional, karena uang rakyat disalahgunakan oleh negara. Bagaimana bisa, pemerintah dan Bank Indonesia mengucurkan dana sebesar itu untuk bank yang bodong dan tidak kita kenal," ungkap pria yang akrab disapa Gus Choi ini, dalam jumpa pers di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (4/9).

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Komisi Keuangan dan Perbankan, menurut Gus Choi, selama ini pemerintah tidak pernah terbuka kepada DPR tentang besaran biaya yang dibutuhkan untuk menyelamatkan Bank Century.

"Katanya, awalnya angka yang disepakati pemerintah dan DPR sebesar Rp 1,3 triliun. Namun, LPS ternyata mengucurkan dana pernyertaan modal hingga Rp 6,7 triliun. Tapi yang kami dengar bahkan yang dikucurkan sebenarnya mencapai 9 triliun," ujar Gus Choi.

Tindakan pengambilalihan kasus Bank Century oleh pemerintah dinilai tidak disertai dengan kondisi yang membenarkan langkah penyelamatan Perbankan seperti indikasi ancaman rush atau penarikan dana secara besar-besaran dan serentak. Mereka khawatir, kasus ini akan menjadi kasus seperti Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

Ketika ditanya, langkah konkret apa yang akan dilakukan DPR, Gus Choi mengaku, waktu yang sempit untuk keanggotaan dewan saat ini membuat DPR tak bisa melakukan langkah apapun. "Kasus ini sebenarnya kelasnya bahkan bukan hanya interpelasi atau angket. Tapi masa tugas DPR saat ini hanya tinggal beberapa minggu. Sementara, untuk interpelasi atau angket butuh waktu panjang," kata dia.


KOMPAS.com Inggried Dwi Wedhaswary
READ MORE - DPR: Century Tragedi Nasional

4 Cara Memberi Kepercayaan pada Anak


Beranda — Ketika Anda dan suami harus bekerja, Anda harus meninggalkan anak-anak di rumah bersama pengasuhnya. Namun, Anda tentu tak akan selalu bisa mengendalikan apa yang dilakukan anak-anak. Apakah pengasuh memengaruhi mereka dalam hal tontonan, apakah teman-temannya memberikan contoh perilaku yang buruk, ataukah anak-anak bebas mengakses internet tanpa pengawasan. Tiba-tiba, Anda menyadari anak sudah menelan banyak informasi yang belum pantas untuknya, atau anak merahasiakan sesuatu dari Anda.

Maka, penting bagi Anda untuk menerapkan saling percaya antara orangtua dan anak. Dengan selalu bersikap terbuka pada anak, kita bisa berharap anak pun akan meniru sikap baik tersebut. Sebaliknya, Anda pun mampu menerima bahwa anak memiliki kepribadiannya sendiri. Ia berhak bergaul dan melahap informasi sebanyak-banyaknya. Yang menjadi masalah sekarang, bagaimana memberikan kepercayaan pada anak untuk melakukan aktivitasnya, dan tetap bergaul tanpa meniru hal-hal yang negatif dari lingkungannya? Tips berikut mungkin bisa membantu.

1. Selalu ada untuknya
Biasakan anak bercerita dan bicara tentang pengalamannya setiap hari. Tanyakan, apa saja yang dilakukannya di sekolah. Biarkan anak mengutarakan ide, perasaan, dan ketakutannya secara terbuka. Dengarkan, jangan menggurui. Berusahalah agar Anda selalu ada di di sisinya ketika ia membutuhkan. Dorong anak untuk mengutarakan perasaannya secara kreatif dengan membuat tulisan atau lewat gambar.

2. Konsisten
Ciptakan rutinitas yang jelas dan konsisten. Misalnya, kapan waktu bermain, dan kapan waktu belajar. Sisihkan waktu Anda untuk menemani anak belajar. Bila sudah waktunya tidur katakan bahwa ia harus tidur, karena jika tidak, besok bisa bangun kesiangan dan terlambat ke sekolah. Ini akan membantu anak merasa aman dan terlindungi sehingga ia dapat belajar dengan jelas pula, apa yang benar dan yang salah. Jadi, bertindaklah selalu konsisten.

3. Sekali tidak, tetap tidak
Jika Anda berkata "Tidak", pastikan hal itu benar-benar pernyataan "Tidak", dan Anda serta pasangan bersepakat bahwa hal itu harus dipatuhi sesuai aturan.
Jangan memberi ancaman hukuman, atau berteriak. Anak ingin mengetahui apa arti "Tidak" dari Anda, yang benar-benar berarti TIDAK. Jadi, jika Anda sudah menerapkan aturan bahwa bermain game hanya boleh hari Sabtu dan Minggu, jangan mudah menyerah bila anak mulai merayu untuk bermain di hari lain.

4. Tak ada rahasia
Biasakan anak untuk tidak pernah menyimpan rahasia. Katakan padanya, menyimpan rahasia akan menimbulkan perasaan tak nyaman atau membingungkan. Hal ini mungkin bisa Anda lakukan lebih dulu, misalnya, katakan, "Tadi Ibu kesal sama ayah, soalnya ayah...." Dengan demikian, anak belajar untuk memahami perasaan ayah dan ibunya. Sebaliknya, anak juga belajar mengungkapkan perasaannya.

kompas.com

READ MORE - 4 Cara Memberi Kepercayaan pada Anak

Kesalahan dalam Membesarkan Anak


Beranda - Jadual kerja yang padat, dan problema sehari-hari, seringkali membuat orangtua sulit bertemu anaknya. Tak jarang, anak-anak ditinggal bersama pengasuh atau dititipkan ke kakek-neneknya. Ketika hal ini terjadi, tak ada yang bisa memastikan anak akan mendapatkan pelajaran mengenai moral, atau nilai-nilai yang menjadi pegangannya dalam hidup bermasyarakat. Anda mungkin tak menyadari, namun ada hal-hal yang seringkali lalai kita ajarkan pada anak:

1. Memanjakan anak
Bukan rahasia lagi, para orangtua mencintai anak-anaknya dan ingin mereka mendapatkan segala yang tak mereka miliki di masa kecilnya. Namun, ada harga yang harus dibayar untuk perlakuan seperti ini. Tak sedikit orangtua yang bermaksud baik untuk anak-anaknya malah berujung memanjakan anak-anaknya ke tingkat sampai si kecil tidak bahagia dengan apa yang ia miliki. Ini akan menghasilkan anak yang tak pernah puas, dan selalu meminta lebih. Padahal, umumnya, si kecil bukannya ingin punya selemari mainan, tetapi waktu untuk bersama orangtuanya. Jika orangtua terus memanjakan anaknya, bagaimana mereka akan belajar menerima kekecewaan dalam hidup di masa depan? Atau bagaimana mereka akan belajar bersyukur atas apa pun?

2. Kekurangan disiplin
Ketika Anda terlalu malas untuk mendisiplinkan anak, Anda menciptakan “monster cilik” untuk mengganggu kerabat, guru, orangtua teman-temannya, dan siapa pun yang kenal dengannya. Adalah hal yang tak benar jika membiarkan si kecil menggunakan perabot rumah sebagai tempatnya bereksperimen. Berlompatan, berlarian, merusak barang, membuat keadaan rumah seperti kapal pecah, atau membongkar barang seenaknya. Mereka seharusnya bisa bertingkah sopan dan tenang, baik di dalam maupun di luar rumah. Anda tak mau, kan, anak Anda menciptakan kekacauan di rumah temannya? Jika bukan Anda yang mendisiplinkan si kecil, orang lain mungkin akan melakukannya, dan Anda tak akan suka hal ini.

3. Tidak mengajarkan tanggung jawab yang cukup kepada si kecil
Anak-anak seharusnya tidak menunggu imbalan ketika mereka harus melakukan pekerjaan di rumah. Tempat tinggal mereka adalah rumah, bukan hotel. Mereka seharusnya menyadari bahwa itu adalah tempat tinggal bersama, dan ada tanggung jawab untuk menjaganya tetap bersih dan nyaman. Jika mereka tumbuh tanpa tanggung jawab yang cukup, bagaimana mereka bisa bertanggung jawab ketika mereka bekerja nanti? Atau bagaimana mereka bisa menyelesaikan kuliah yang butuh kemandirian, dan mempertanggungjawabkan uang orangtuanya?

4. Bukan pasangan terbaik
Seperti kita ketahui, anak mencontoh orang dewasa di dekatnya dengan sangat baik. Bagaimana Anda dan pasangan bertingkah di depan si kecil adalah hal yang penting. Tanpa kita sadari, perilaku dan tingkah kita terhadap pasangan akan dicontoh anak dalam memperlakukan pasangannya di masa mendatang. Bagaimana Anda memanggil, berteriak ketika bertengkar, atau membelai lembut, akan menjadi pembelajaran mereka. Anak belajar lebih banyak lewat pandangan mereka ketimbang lewat pendengaran. Jika Anda memperlakukan pasangan Anda dengan cinta dan hormat, ini juga akan menunjukkan kepada anak-anak Anda nilai sebuah keluarga. Hal ini akan membantu mereka merasa bahwa keluarga merupakan tempat bernaung dan nyaman, di luar dunia yang terlihat gelap dan menyeramkan.

5. Ekspektasi berlebihan
Ketika berjanji kepada anak-anak, Anda harus menge-set ekspektasi yang masuk akal, terutama ketika berhadapan dengan yang masih amat kecil. Jangan berharap berlebihan kepada si kecil. Misalnya, agar si kecil bisa duduk diam ketika Anda pergi ke restoran. Jangan juga mengharap anak laki-laki Anda ikut tim basket, padahal ia lebih senang ikut marching band. Akan lebih baik jika Anda mampu mengenali kelebihan anak, dan membimbing mereka untuk mengekspresikan dirinya dalam bidang tersebut.

6. Terbiasa dilayani
Jangan biarkan anak tumbuh menjadi anak yang cengeng. Anak-anak jaman sekarang terbiasa dibantu dan dilayani dalam segala hal. Dari membersihkan kamar hingga memasang plester. Karena terlalu sering dilayani, anak-anak sekarang menjadi kurang ajar. Mengajarkan mereka untuk bertahan melewati masa susah, atau sakit, akan membuat mereka lebih kuat. Ajarkan mereka untuk mengerjakan segala sesuatunya sendiri tanpa bantuan si Mbak. Hal ini bukan berarti Anda tidak mencintainya. Justru karena mencintainya, Anda ingin mereka bisa mandiri.

7. Memaksakan tren kepada anak-anak
Biarkan anak-anak menjadi anak-anak. Orangtua seharusnya tidak mendorong tren kepada anak-anak. Karena Anda tidak berhasil menjadi juara lomba kecantikan di masa kecil, bukan berarti Anda bisa membuat si kecil mengikuti dan memenangi kontes-kontes seperti itu. Mengajarkan anak soal gairah dan tujuan memang baik, tetapi biarkan mereka tumbuh menjadi apa yang mereka mau. Si kecil sudah cukup merasakan kesulitan untuk tumbuh besar di lingkungan yang penuh tekanan, jadi jangan paksa mereka menjadi seseorang yang Anda impikan terjadi pada Anda dulu.

8. Pembangkang
Ini termasuk hal yang sulit dilakukan. Jika Anda mengultimatum si kecil dengan hukuman jika melakukan kenakalan, lakukan jika ia melakukan kenakalan tersebut. Meski berat, namun hal ini penting untuk menunjukkan kepada si kecil bahwa Anda serius dengan perkataan Anda. Jika tidak, omongan Anda hanya akan dianggap sebagai angin lalu. Ujung-ujungnya, anak-anak tak akan menaruh kepercayaan lagi pada orangtuanya.


NAD
Sumber : msn
READ MORE - Kesalahan dalam Membesarkan Anak

Selasa, 01 September 2009

Al Muttaqin Akui Mudah Disusupi Noordin Cs


BLITAR, Beranda - Pengasuh Pondok Pesantren Al Muttaqin Desa Babadan Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar Muhammad Fatkhul Al Hamdani alias Abu Hilal Alhamdani (40) yang saat ini mengaku tengah diawasi intelijen terkait pelarian kelompok Noordin M Top, mengakui jika ponpesnya memang rawan disusupi orang asing.

Sebab ponpes Muhammadiyah yang berdiri sejak tahun 2005 itu, hingga kini belum memiliki sistem administrasi yang jelas bagi santri yang menimba ilmu di sana. Asrama tempat santri menginap masih dalam pembangunan.

"Memang rawan dimasuki orang asing. Karena santri di sini bersifat santri kalong, yakni santri yang tidak menginap. Apalagi kita memberlakukan konsep Nasrul Fikrah atau penyebaran fikiran, yang itu membuat ponpes ini terbuka untuk siapa saja yang mau datang kemari, " ujar Abu Hilal kepada Seputar Indonesia.

Namun kendati demikian, pria yang pernah menimba ilmu di Arab Saudi selama delapan tahun dan sekarang sebagai Ketua Majelis Tarjih Pimpinan Muhammadiyah Blitar ini, mengaku belum pernah menerima tamu yang tergolong aneh dan terkait kelompok teroris Noordin M Top. Semua yang datang ke pondoknya memang berniat belajar, bukan mencari tempat persembunyian.

"Kalau yang rutin nyantri sekitar 40 an orang berusia dewasa. Dan mereka memang berniat belajar. Kecuali ada satu dua orang yang saya pikir petugas intelijen yang bertujuan memata-matai kegiatan ibadah kami," terangnya.

Apakah akan melaporkan ke aparat jika menjumpai tamu yang terkait dengan kelompok teroris? Dengan tersenyum, pria yang selalu menjaga penampilan dengan baju gamis, sorban dan jenggot panjang ini, hanya menganggukkan kepala.

Namun untuk ke depan, ayah lima anak yang sengaja tidak melihat televisi atau membaca koran, kecuali media massa terbitan Muhammadiyah ini berjanji akan memberlakukan sistem administrasi di ponpesnya.

Ia akan mencoba melakukan pendataan identitas bagi setiap orang yang masuk untuk kepentingan nyantri atau sekedar bertamu di ponpesnya. "Untuk mendatang, kami akan meminta identitas yang kemari. Agar ponpes kami tidak rawan disusupi," pungkasnya.

Seperti diketahui, di wilayah Blitar banyak ponpes yang tidak menerapkan sistem administrasi. Ponpes yang biasanya memberlakukan pendidikan klasik ini menerima secara terbuka orang lain yang ingin menimba ilmu.

Seperti diberitakan, ponpes Al Muttaqin asuhan Abu Hilal dicurigai aparat menjadi tempat persembunyian kelompok teroris Noordin M Top. Sejak awal Ramadan hingga sekarang, Abu Hilal mengaku telah diawasi petugas intelejen. Karena pengawasan itu, Abu Hilal melaporkan secara resmi ke Pimpinan Muhammadiyah Pusat Jakarta, karena merasa kegiatan ibadahnya diusik. (fit)


sumber:okezone.com

READ MORE - Al Muttaqin Akui Mudah Disusupi Noordin Cs

Firefox Bersiap Menuju Versi 4.0

JAKARTA, Beranda - Mozilla baru saja memperbarui roadmap produk untuk tahun 2010. Dalam rancangan pertama, browser itu akan mendapatkan update minor pada kuartal keempat tahun 2009 maupun kuartal kedua tahun 2010. Versi 4.0 dijadwalkan dirilis Oktober atau November 2010 dan menyajikan antarmuka pengguna dan integrasi sinkronisasi browser yang baru.

Sementara ini versi 3.5x akan diperbarui dengan versi 3.6, yang diberi nama kode Namoroka dan saat ini tersedia sebagai alpha 1 release. Software ini akan memiliki Javascript engine yang lebih cepat dibandingkan milik versi 3.5, waktu startup yang lebih cepat, dan memperbarui Gecko layout engine dar versi 1.9.1 ke 1.9.2. Mozilla juga menjanjikan theme integrasi Windows 7 yang disebut Personas, maupun fitur pelengkap form yang disebut awsomeformcomplete.

Yang paling menarik, versi 3.6 akan memperkenalkan Fennec 1.0. Ini adalah versi mobile dari Firefox, yang juga akan menggunakan Tracemonkey Javascript engine.

Roadmap draft itu mengesankan bahwa Firefox 3.7 akan muncul pada kuartal pertama atau kedua tahun depan, dengan pembaruan fennec v1.1 browser, Gecko engine versi 1.9.3, dukungan untuk animasi XUL, task-oriented browsing, out-of-process plug-ins demi kestabilan software, sinkronisasi bookmark online, maupun peningkatan di Tracemonkey dan pageload. Mozilla baru-baru iin merilis Firefox 3.7 sebagai versi pre-alpha 1 dan menujukannya pada para pengembang.

Jika informasi pada roadmap draft itu tepat, Firefox 4.0 akan hadir Oktober atau November tahun depan. Belum diketahui pembaruan apa saja yang akan disajikan browser tersebut selain update minor untuk Gecko (ke versi 1.9.4), antarmuka pengguna yang baru untuk semua platform dan Fennec 2.

sumber:kompas.com
READ MORE - Firefox Bersiap Menuju Versi 4.0

Kulit Mulus Dengan Ramuan Jeruk dan Madu

Cantiknya wanita tak bisa lepas dari kata kulit mulus, bersih dan putih.

Bahkan banyak wanita sering melakukan berbagai cara untuk mendapatkan hal tersebut dengan biaya tinggi,dengan pergi ke salon maupun terapi bodi.

Ada cara murah meriah untuk mendapatkan hal tersebut dengan melakukannya sendiri, asal butuh kesabaran yang tinggi.

Campuran buah jeruk lemon dan madu salah satu cara untuk mendapatkan hal tersebut, caranya adalah peras jeruk lemon sebanyak 2-4 buah ke dalam piring atau tempat untuk menampung cairan jeruk tersebut, lalu tambahkan madu tawon 2 sampai 4 sendok makan ke dalam cairan jeruk.

Dan jangan lupa campurkan sedikit garam untuk membantu membersihkan serta membunuh bakteri yang ada di kulit anda, lalu gosok secara menyeluruh pada kulit anda khususnya pada bagian kaki, tangan dan pinggang secara perlahan. (jangan terlalu kencang), setelah beberapa menit, 5 - 15 menit lalu bilaslah tubuh anda dengan air tawar dan rasakan hasilnya, cobalah dengan teratur dalam mempraktekannya.(Aya/BS)


sumber: brita8.com
READ MORE - Kulit Mulus Dengan Ramuan Jeruk dan Madu

Penghasilan Pengemis di Jakarta Tembus Rp4 Juta perbulan

Jadi pengemis di Jakarta ternyata memang sangat menggiurkan, apalagi bekerja sendirian.

Dari penelusuran Berita8.com, Senin (31/8) Kus (47) wanita asal Karawang mengatakan bahwa penghasilan mengemis di Jakarta lebih besar dari gaji tukang cuci baju bahkan kantoran.

"Kalau dihitung pengasilan lebih besar dari penghasilan tuka cuci baju atau kantoran," kata pengemis yang mangkal di wilayah Jalan Ragunan, Jakarta Selatan.

Dia juga mengaku jika dalam satu bulan bisa mengantongi Rp 1,3 juta sampai Rp 3,5 juta bahkan tembus Rp 4 juta lebih.

Dalam mengemis, wanita yang selalu menggendong anak ini mengaku tidak bekerja sendirian, bersama teman seprofesinya sebagai pengemis dia juga sering menjadi buruan Satpol PP DKI Jakarta.

"Habis bagaimana lagi, kerja gajinya kecil tidak cukup mas," sambungnya.

Sementara itu catatan Dinas Sosial DKI Jakarta jumlah PMKS di Ibukota bisa tembus angka 17.000 yang tersebar di 72 titik, terutama di Jakarta Barat dan Timur.

Di Jakarta sendiri Peraturan Dearah (Perda) No 8 tahun 2007 tentang ketertiban umum (tibum) tidak melarang warga bersedekah tapi mengajak masyarakat untuk mendukung kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menertibkan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dengan menyalurkan bantuan melalui lembaga resmi.(Fz/Bm/Dul)

sumber : berita8.com
READ MORE - Penghasilan Pengemis di Jakarta Tembus Rp4 Juta perbulan

Lagi Negeri Noordin M Top Berulah, Pulau Jemur Diklaim Malaysia

Informasi yang dimuat sejumlah web site di Internet menyebutkan bahwa Pulau Jemur yang ada di wilayah Provinsi Riau adalah bagian dari daerah tujuan wisata Negeri Selangor, Malaysia.

Berita itu langsung mendapatkan reaksi keras Pemerintah Provinsi Riau, Senin (31/8), yang dengan tegas menyatakan bahwa Pulau Jemur adalah pulau terluar di Kabupaten Rokan Hilir, Riau, yang berbatasan dengan Malaysia di Selat Malaka.

Informasi mengenai promosi pariwisata yang dimuat oleh traveljournals.net dan osvaja.net menyebutkan bahwa Pulau Jemur sebagai destinasi wisata Negara Bagian Selanggor, Malaysia.

Dalam situs traveljournals.net dicantumkan lokasi dan peta Pulau Jemur yang dikatakan masuk dalam wilayah Selangor, Malaysia. Hanya saja, tidak bisa diketahui informasi mengenai penanggung jawab laman pariwisata tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Biro Humas Pemprov Riau Zulkarnain Kadir di Pekanbaru meluruskan informasi yang menyesatkan di laman Internet tersebut bahwa Pulau Jemur merupakan bagian Indonesia.

Ia mengatakan pulau itu bagian dari Kabupaten Rokan Hilir yang sudah dilengkapi dengan berbagai infrastuktur oleh pemerintah setempat.

"Pemerintah Riau dan Rokan Hilir juga menjadi Pulau Jemur sebagai salah satu ikon wisata di provinsi ini. Jadi gak benar klaim milik Malaysia tersebut," katanya.

Ia menjelaskan, Pulau Jemur berada di gugusan Kepulauan Arwah di perairan Kabupaten Rokan Hilir. Pulau tersebut merupakan pulau terluas yang mencapai 2,5 kilometer persegi.

Menurut dia, kawasan tersebut sudah lama memang dijadikan sebagai salah satu objek wisata andalan di Riau. Karena itu, klaim Pulau Jemur sebagai salah satu daerah tujuan wisata Negeri Jiran merupakan kerugian bagi Indonesia khususnya Riau.(An)

sumber : berita8.com
READ MORE - Lagi Negeri Noordin M Top Berulah, Pulau Jemur Diklaim Malaysia

KOMPAS.com