Sabtu, 18 Juli 2009

Terorisme Mengancam Kawasan Internasional

foto : dhoni setiawan/kompas.


JAKARTA, KOMPAS.com-Menteri Luar Negeri RI, Hassan Wirajuda menilai perlunya peningkatan kerjasama dengan negara-negara tetangga terhadap aksi terorisme. Terorisme merupakan aksi lintas perbatasan yang bukan hanya mengancam stabilitas negara melainkan kawasan internasional.

"Kerjasama dengan negara-negara tetangga perlu ditingkatkan karena sifat dari aksi terorisme yang lintas perbatasan dan merugikan masyarakat sipil terlepas dari asal warga negaranya. Terorisme merupakan ancaman langsung tidak hanya bagi stabilitas negara, tetapi juga keamanan dan perdamaian kawasan," ujarnya seusai berbincang dengan Menteri Luar Negeri Australia, Stephen Smith di Gedung Departemen Luar Negeri, Jakarta, Sabtu (18/7) .

Hassan menjelaskan bahwa pemerintah Indonesia dan Australia mengutuk keras segala aksi terorisme yang terjadi di Indonesia yang merupakan serangan terhadap demokrasi dan kebebasan. "Aksi teror ini juga dapat merusak tatanan program pembangunan dan kemajuan ekonomi yang telah dicapai Indonesia selama beberapa tahun ini," ujarnya.

Untuk itu, Hasan melanjutkan, bahwa pertemuan dirinya dengan Menlu Australia menekankan pentingnya kedua negara untuk meneguhkan kembali komitmen bersama untuk menanggulangi terorisme di kawasan.

"Saya juga menyampaikan ucapan simpati yang sedalam-dslamnya kepada seuruh korban dan keluarga korban aksi teroris yang terjadi di Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton. Serta ingin menyampaikan belasungkawa dari pemerintah Indonesia kepada warga negara Australia yang menjadi korban aksi teroris ini," ucapnya.

Sebelumnya, Indonesia-Australia bersepakat untuk memajukan kerjasama erat guna melawan terorisme, yaitu melalui pertukaran informasi intelejen, pelatihan dan peningkatan kapasitas dan bahkan operasi bersama yang dilakukan sejak bom Bali I, 12 Oktober 2002 . "Kerjasama tersebut berdasarkan MoU 7 Februari 2002 dan perjanjian Lombok-Perth, 26 November 2006," ujarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

KOMPAS.com